Pi Tapaleuk Ke Alor (Bagian Kedua)

Di bagian kedua ini, saya akan membahas tentang tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Kepulauan Alor, baik yang di pulau Alor maupun Pantar. Sebagian besar tempat ini bisa dijangkau dengan oto atau motor. Tapi saran sih menggunakan motor. Dan untuk penginapan, di Kalabahi banyak hotel kok. Ada Pelangi, Nusa Kenari, Melati, dll. Tarifnya standar.

Untuk makanan juga ndak perlu khawatir berkurang selera makan. Makanan di sini hampir sama dengan di Jawa (secara yang jualan orang Jawa semua). Makanan tradisional biasanya kalo di daerah (lebih) terpencil. Sebagian besar warga Alor memodifikasi jagung sebagai makanan sehari-hari. Dikuliti (jagung bose), dicampur sayur (jagung ketema), atau ditumbuk dan dibuat cemilan (jagung titi). Cemilan khas lainnya di Alor adalah kenari (oleh karenanya Kalabahi disebut Kota Kenari). Dan ada sejenis lontong yang dicampur kacang merah, disebut kaleso. Enak nih, semacam lepetnya Jawa.

Image

Baiklah… [kretek-kretekin jari tangan]… mari kita runtut tempat-tempat yang semlohay dan smonighoy di Alor dan sekitarnya:

1. Batu Putih

Banyak yang trauma ke pantai ini. Kenapa? Karena untuk menuju ke pantai Batu Putih, harus melalui jalan yang cukup ekstrim. Sebenarnya kondisi fisik jalan cukup bagus. Tetapi yang jadi masalah adalah tanjakan ekstrim dan risiko nyungsep ke jurang. Saran, naik motor. Jangan mobil. Karena pernah ada pengalaman rombongan dokter PTT yang mengendarai mobil dan hampir nyungsep di jurang. Tapi saya sendiri sudah dua kali ke pantai Batu Putih. Satu perjalanan aman, satu lagi berhasil nggelundung bersama @mareretha (ehehehe…).

Image

Batu Putih berjarak sekitar 10 KM dari Mali, dan sekitar 30 KM dari Kalabahi. Pantainya berpasir putih dan  besar pasirnya seperti merica. Ombaknya cukup oke untuk berenang, tetapi tidak untuk surfing. Untuk snorkeling, sepertinya tidak disarankan. Karena ke tengah dikit, ombaknya sudah tidak bersahabat.

Disebut Batu Putih karena ada tebing berbatu yang berwarna putih. Sebenarnya bukan tebing Batu Putihnya yang menarik. Tetapi sunsetnya. sunset di sini sangat bagus. Sekali lagi, SANGAT BAGUS! Untuk mengejar sunset, setidaknya lepas Ashar sudah berangkat dari Kalabahi. Dan harap berhati-hati karena saat pulang, tidak ada penerangan jalan yang memadai. Sangat berbahaya untuk area yang berkelok-kelok dan tanjakan ekstrim.

2. Pantai Deere

Pantai Deere terletak sekitar 7 KM dari Mali, sebelum ke Batu Putih. Jalannya lumayan… parah. Tapi ndak jelek banget koook… (evil face).

Dulu ke pantai ini hanya sekali dan cuma numpang foto-foto. Pantainya berpasir yang lembut, dan sepertinya enak buat berenang (saat ke pantai ini belum bisa berenang soalnya. Ahiks).

3. Pantai Maimol

Ini adalah satu-satunya mall di Alor (digarukin ke aspal saking garingnya). Dan merupakan pantai yang selalu ramai tiap minggunya. Pantainya berpasir, gradasi warna birunya ciamik. Tiap hari minggu, banyak warga Alor yang berlibur di sini. Ada yang menyewakan ban untuk berenang (Rp 10.000,00 sepuasnya). Ada yang berjualan jagung rebus (Rp 2.000,00/biji) dan kelapa muda (Rp 3.000,00/buah). Dari Kalabahi, bisa naik ojek dengan membayar Rp 6.000,00.

Image

Pantai Maimol enak banget buat berenang. Tapi untuk snorkeling jangan. Mau piknik-piknik di sini juga asik. Ada yang jual ikan di sepanjang jalan, ya kali mau bakar ikan di pinggir pantai.

4. Desa Takpala

Desa ini adalah desa tradisional, kebanggaan Alor. Sekitar 13 KM dari Kalabahi. Bisa ditempuh dengan mobil atau motor, tapi keduanya tidak bisa sampai ke bukit Takpalanya. Harus parkir di bawah, lalu lanjut jalan kaki sekitar lima belas menit ke bukit Takpala.

takpala

Tidak ada listrik maupun sinyal. Kabarnya sih demi mempertahankan keaslian desa (kasian juga ya…). Air dialirkan dari sumber mata air. Ada tiga belas kepala keluarga yang tinggal di desa ini. Mereka menghuni rumah berbentuk limas persegi yang bertingkat-tingkat.

Di desa ini, kita bisa menyewa baju adat Alor untuk berfoto-foto. Kemudian dipandu oleh kepala suku yang akan menjelaskan tentang sejarah Takpala. Ada souvenir berupa kain tenun dan hiasan yang bisa dibeli. Setiap tanggal 20 Juni, ada perayaan Tifoltol yang berarti tanam baru. Biasanya rame banget nih kalo lagi Tifoltol. Saya sendiri malah belum sempat lihat Tifoltol, karena saat itu masih bertugas di pulau  Pantar. Ahiks.

5. Pantai Maukuru

Image

Pantai ini terletak di wilayah kekuasaan Bukapiting. Lumayan jauh dari Kalabahi, sekitar 1,5 jam perjalanan dengan motor. Pantainya berbatu yang bulat, tidak sakit dan tidak licin. Di pantai inilah akhirnya saya bisa berenang (penting dibahas). Sunsetnya bagus. Foto ini diambil dengan kamera Blackberry. Tapi tetep bagus kan :’)

6. Pantai Lola

Pantai ini terletak di wilayah kekuasaan Moru, sekitar 1,5 jam dari Kalabahi. Ombak di pantai ini agak berbahaya, jadi ndak disarankan untuk berenang karena karang-karangnya cukup besar dan tajam.

Image

Di dekat pantai Lola, ada pasar yang menyediakan hasil laut segar, seperti cumi, gurita, ikan, kerang, dan sebagainya. Daaan… pasar Lola terkenal dengan sopi-nya (tuak) yang konon, kadar alkoholnya cukup tinggi.

7. Pulau Kepa

Ini dia pulau yang menakjubkan. Pulau ini terletak di depan daerah Alor Kecil. Untuk menuju ke Alor Kecil, kita bisa menggunakan motor atau oto biru, sekitar satu jam perjalanan. Dari Alor Kecil, kita bisa menyewa perahu motor dengan harga bervariasi (tergantung besar kecilnya perahu motor, standar sih Rp 75.000,00). Perjalanan dengan perahu motor hanya sepuluh menit, dan sampailah kita di Kepa.

Image

Kepa adalah tempat yang BUAGUS untuk berenang, snorkeling dan diving (diving belum pernah nyoba sih, tapi kabarnya bagus). Pokoknya indah banget! Tapi sayang, pulau ini sudah disewa oleh warga asing, dijadikan resort gitu. Ada penginapan yang harganya Rp 600.000,00/malam (buat honeymoon oke nih). Dan karena sudah disewa asing, jadi untuk diving di Kepa, harus bayar dulu ke orang asing itu.

Di sekitar Alor Kecil dan Kepa ini, ada yang namanya arus dingin. Terjadi hanya sekitar tiga hari dalam setahun. Saat arus dingin tiba, ikan-ikan mati dan mengambang di laut. Jadi kita bisa langsung ambil. Tapi saya sendiri belum pernah melihat arus dingin ini. Kendala waktu, bukan weekend soalnya😥

8. Pantai Sabanjar

Image

Pantai ini terletak sekitar 20 menit dari Alor Kecil. Pantainya berkarang, sakit di kaki. Tapi ndak sesakit rasanya ditinggal pergi. Menurut mereka yang pernah snorkeling, karangnya bagus. Jadi bawalah alat snorkeling jika ke sini. Tapi hati-hati dengan ombaknya yang kadang-kadang menggila. Biasanya kalo ke sini, bawa perbekalan lengkap, sambil bakar ikan dan menikmati kelapa muda. Aih…❤

9. Pantai Bota

Image

Terletak di wilayah kekuasaan Kokar. Pantai ini bagus sunsetnya, tapi pantainya kotor (untuk ukuran pantai Alor). Dua kali ke sana, tidak oke untuk berenang. Ya cukup foto-foto dan mengabadikan sunset.

10. Pantai Lawar dan Wailawar

peta+alaoredit

lawar wailawar

Pantai ini terletak di pulau Pantar, di wilayah kekuasaan Kabir. Sekitar 30 menit dari Kabir. Di pantai Lawar, kita bisa hunting meti (sejenis bulu babi berbulu pendek *mbulet*). Cara masaknya tinggal dibakar sampe menghitam, lalu dibuka cangkangnya. Rasanya agak amis asin klenyer-klenyer gimana gitu. Saya sih ndak doyan (._. )7 Kalo bulu babi berbulu panjang katanya lebih enak.

***

Yang saya tampilkan di sini hanya tempat-tempat yang pernah saya kunjungi. Sebenarnya masih banyak lagi tempat yang bagus. Tapi karena kendala transportasi, kondisi fisik jalan dan waktu, jadi yang sering dikunjungi ya yang dekat-dekat saja.

Sebagai catatan, perjalanan antara pulau Alor ke Pantar membutuhkan waktu yang bervariasi. Untuk ke Kabir, membutuhkan waktu 2,5 – 3 jam. Di perjalanan antara Alor – Pantar, kita bisa melihat Tanjung Munaseli, indah banget! Ombaknya cukup tinggi. Gelombangnya relatif memabukkan (jangan lupa bawa Antimo). Dan jika beruntung, ada lumba-lumba yang genit mengiringi perjalanan laut kita.

Ya sekian dulu edisi jalan-jalan di Alor. Semoga dari cerita yang mungkin kurang menarik ini bisa memotivasi pembaca untuk pesiar ke Alor. Masalah pemandu wisata, tenang aja. Silakan SKSD pada dokter PTT setempat. Harga bisa nego xD *dikepruk*

See you at Alor :*

***

Kalabahi – Alor – NTT

Dec 28th 2012

 

Thanks to: @nugroho_bismo dan @aprilianayu untuk foto-fotonya. Maaf ndak ijin dulu. Tapi udah dikasih watermark kok foto-fotonya xD [diarak keliling lapangan]

  1. Gan, ijin ralat. Maukuru itu kekuasaannya Lantoka. Jarak ama Bukapiting sekitar 20 km. Hehehe.
    Salam ngglundhung (‘o’)(o:)(.o.)(:o)(‘o’)

  2. pantainya bagus baguuuus,, ajang utilisasi DSLR harusnyaaa,,

    • Masalahnya ndak punya DSLR, Pakdok. Pake digcam ajaaa… x)) Btw, makasih sudah mampir ^^

      • beli mbaakk,,
        kan insendanya bisa buat beli 5,,

        wekekekekek,,

      • Beli lima opo? Mangkok bakso? Emaaan. Buat modal kawin aja :))

    • sisca
    • January 18th, 2013

    ternyata pnya bakat menulis yg luar biasa bagusnya…..

  3. ngglundung sama maretha maksudnya gmn sih?

  4. pas banget nih… pertangahan maret mw ke alor… dapet referensi baru.. ayooooiii.. mksii yah sist

    • apriyanto
    • February 25th, 2013

    Sy baru aj masuk alor n tdk tau samasekali ttg alor. Boleh ni nimba ilmu ke mba nya

    • Wah welcome to Alor ya ^^

        • apriyanto
        • February 26th, 2013

        Ya ni dah dua minggu di alor tp lum tau apa2. Baru tau kmren klo yg sy tempati sebelahan sm pasar n rumah dinas wabup

    • wah… sampe kapan nih bang di alor? besok tgl 12 saya ke alor nih..

        • apriyanto
        • March 17th, 2013

        sampai 5 tahun mungkin…kanyaknya blok ini referensi yg tepat buat pemula di alor

      • @ mbak Tinae: semoga liburan di Alornya menyenangkan ^^
        @ mas apriyanto: wah, lama juga ya 5 tahun. Semoga betah dan sukses ^^

    • apriyanto
    • March 17th, 2013

    boleh nich minta petuah-petuahnya supanya bisa berdaptasi di alor ?

    • Ully Rully
    • March 19th, 2013

    Dear noichil…

    Salam kenal, Ully…
    Chil,sy ada rencana ke alor akhir bulan ini.. kira2 ada spot snorkeling yang bagus di alor?
    Posisi sy saat ini dikupang..
    Mudah2n noichil bisa kasih info, thanks…

    Oiya,sy sudah sejak Desember 2012 di Kupang,tapi belum nemu spot snorkeling yg bagus disini.. mungkin noichil jg punya info ttng kupang..
    Maklum,sy asal padang,rumah di bogor,singgah di madura kmudian mndarat di kupang. Jadi buta banget sm nusa tenggara..# ehhh curhat…(sorry)..

    • Halo, mbak Ully

      Sayang sekali saya sudah balik dari alor. Kalo masih di sana pasti saya ajakin jalan2

      spot snorkling yg umumnya dikunjungi adalah Kepa, pulau di depan Alor Kecil. Untuk ke sana tinggal naik kapal 5-10 menit, jalan sedikit, sampai deh…

      Yang agak jauhan Jawatoda, letaknya di pulau Pantar. Sekitar sejam dari Alor Kecil.

      Dari ALor Kecil ke Kokar, ada pantai sebanjar. Katanya di sana juga bagus buat snorkling, tapi saya belum pernah nyoba hehehe

      Untuk Kupang saya kurang tau, Mbak. Soalnya setiap ke Kupang hanya mampir hehehe.

      Tapi insyaAllah di alor banyak spot snorklingnya. Wajib dikunjungi itu Kepa. Tapi Jawatoda ndak kalah bagus ^^

      Selamat berlibur ya :’)

        • Ully Rully
        • March 19th, 2013

        Iya ncil…
        Sayang yah kita ngga bisa jalan2 brng…
        Saya kira ncil masih di alor…
        Btw..dr 3 spot yg kmu recomen,dimn yg ada ikan ny ncil?

      • semua ada ikannya, Mbak ^^
        kalo ditanya ikannya apa saja, jujur saya ndak hapal hehehe
        tapi bagus dan warna-warni (penjelasan yang kurang membantu ya…)
        ada rekan saya di WWF yang lebih paham masalah biota laut. Coba kunjungi blognya di http://ataplaut.wordpress.com ^^

    • apriyanto
    • March 22nd, 2013

    sory ganggu lg… ni kebetulan saya baru aj ditemptkan kerja di alor dan mungkin lama. informasi yg sy dengar alor itu terkenal magic nya juga.
    noichil yg sudah pengalaman lama di alor, gmn caranya supaya kita bisa tetap aman kerja ? thank

    • selama ini saya tidak pernah mengalami sendiri sih ya. Yang penting jangan lupa berdoa dan berhati-hati🙂

  5. halo mbak. mbak dokter ptt d alor ya?
    saya sndri besar di alor, skrang kuliah kedokteran di kupang.
    salam kenal🙂

    • Halo…
      Saya sudah selesai kontrak PTT di Alor akhir maret 2013 kemarin ^^
      salam kenal…

  6. Noted!

    • iya kereeeen, travel writer nih

      • Saya bukan traveller (sejati), Kak. Cuma kebetulan pas di Alor sering nulis beginian hehehe
        Makasi sudah berkunjung yah ^^

      • Yup. Keren loh….. Makanya langsung pollow. Blog n twitter. Nggak ada narsisnya. Suka foto2nya.

      • Makasih, Kak… ^^
        Sudah lama nih ndak nulis nonfiksi ._.

  7. Map of Alor and Pantar Islands, Indonesia

    http://www.panoramio.com/user/6579110

  1. No trackbacks yet.

Saya sangat menerima kritik, saran dan kasih sayang

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: