Satu Sendok Lagi

Ibu tidak pernah membiarkanku makan dengan tanganku sendiri. Ia selalu menyuapiku. Kapanpun. Bahkan ketika aku kuliah, ibu tinggal di kamar kosku, memastikan tanganku hanya digunakan untuk belajar.

Aku tidak bertanya mengapa Ibu berbuat demikian. Aku telah terbiasa. Malah tanganku kaku jika harus makan sendiri saat ada acara di luar. Biasanya, setelah itu Ibu menghujaniku dengan suapan-suapannya, “Satu sendok lagi.” Selalu satu sendok lagi. Sampai makanan tiada lagi.

Tapi saat aku sudah bekerja dan hidup mapan, Ibu sering menangis. Bahkan aku mendengar, ia berdoa dan memohon ampun untukku serta menyalahkan dirinya sendiri.

Aku tak mengerti. Jika dulu Ibu begitu suka menyuapiku dengan tangannya, mengapa aku tidak boleh menerima suap dari orang lain?

***

Moru – Alor – NTT

November 7th 2012

  1. errr~
    menerima suap

  1. No trackbacks yet.

Saya sangat menerima kritik, saran dan kasih sayang

