Lifelong Learning

ars-longa-vita-brevis

Ars longa, vita brevis.

[The] art is long, life is short.

Hippocrates

Saya mengenal quote ini dari seorang kolega. Saat itu saya tertarik karena status messengernya selalu demikian. Lalu saya menanyakan, “Apa artinya?” Saat itu dia tidak langsung menjawab. Hanya memberikan emoticonūüôā di messengernya. Nyebelin, kan?

Lalu keesokan harinya, kami bertemu dan saya kembali bertanya padanya. “Bro, arti Ars Longa Vita Brevis apaan?” Dia tersenyum dan terkekeh. Menggeleng-gelengkan kepala dan berkata, “Art is long. Life is short. Sepertinya kalimat itu cocok untukmu.” Lalu pergi. Nyebelin kuadrat, kan?

Apa sih hubungan antara seni itu panjang sedangkan hidup itu pendek? Trus kenapa jadi cocok sama sayah? Karena rasa penasaran yang membumbung tinggi, akhirnya saya memasukkan quote itu di situs mencari. Lalu membaca hasil teratas. Sebuah situs ensiklopedia kesayangan kita semua. Wikipedia.¬†Dan saya tercengang. Rupanya ini adalah kalimat dari Hippocrates, seorang dokter di masa Yunani kuno yang terkenal dengan sebagai Father of Medicine dan Hippocrates’s Oath-nya [self toyor].

Life,¬†‚Äúthe life lived by a person‚ÄĚ, ‚Äúthe course of a life‚ÄĚ, ‚Äúthe extent of a life‚ÄĚ. Human life¬†is measured¬†from¬†the¬†birth¬†to the¬†death. Hippocrates here is saying, life is [too] short.

Art, anything requires the use of the hands, the system of knowledge, something what we called science. A great and limitless concept, that requires a very long journey to understand everything. The art is huge when compared to the smallness of life. As long as we live, we will never run out studying science [art].

Hakjleb.

Ternyata kalimat ‘ars longa, vita brevis’ ini memiliki makna yang dalam. Bahkan menurut saya, kalimat ini tidak hanya diterapkan di dalam dunia kedokteran. Semua ilmu adalah seni. Seni tentang bagaimana kita belajar sesuatu dan menemukan hal baru. Mungkin kita tidak pernah memerhatikan. Ketika mengendarai motor, kita belajar efek kelembaman. Tentang bagaimana caranya mengerem menggunakan rem depan dengan baik agar tidak njungkel. Atau di sebuah komik detektif, kita tahu bahwa racun sianida akan meninggalkan sisa bau almon. Atau dari serial Korea, kita tahu bahwa bom bisa juga dibuat dari campuran soju dan bir¬†[apose].

Ilmu begitu banyak di sekitar kita, asal mau melihat, membaca dan memahami. Tidak ada yang terlalu remeh, tidak ada yang terlalu tinggi. Mungkin dari tulisan seseorang, kita mendapat ide dan kosa kata baru. Atau dari curahan hati sahabat, kita belajar perihal pengalaman hidup. Hidup ini singkat. Maka jangan disia-siakan untuk tidak belajar sama sekali [buka textbook].

***

  1. No trackbacks yet.

Saya sangat menerima kritik, saran dan kasih sayang

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: