Surgeon Bong Dal Hee

bong dal hee

Beberapa bulan yang lalu, saya cukup jenuh dengan kegiatan jaga-pulang-jaga-pulang-jaga-pulang. Rasanya perlu semacam distraksi. Kemudian, iseng-iseng saya mencari serial Korea yang berhubungan dengan medis. Ya setidaknya, ada sesuatu yang saya peroleh saat menikmati serial tersebut. Entah ilmu atau pemandangan aktor-aktor Korea yang menyegarkan *nyengir*

Karena di Probolinggo sangat susah mencari toko DVD, maka saya memutuskan untuk pesan via online shop. Sebenarnya cukup nekat, dalam artian saya belum pernah punya kenalan yang pernah memesan di OL-shop ini. Tapi saat membaca testimoni, saya kira cukup oke. Dan dari sekian judul, saya tertarik pada satu seri berjudul Surgeon Bong Dal Hee. Kenapa saya tertarik? Karena pemeran utamanya adalah Lee Yo Won, pemeran Seon Deok di Queen Seon Deok. Aliran yang saya yakini adalah, saat seorang aktor/aktris bermain bagus dalam sebuah film/serial, kemungkinan besar mereka akan mengalami kesuksesan yang sama. Ya walaupun ndak semua seperti itu. Seperti Johnny Depp dalam The Tourist, menurut saya tidak terlalu spektakuler. Kedua, saat googling tentang serial ini, rupanya ratingnya cukup bagus. Dan resensi yang diberikan cukup menjanjikan. Ketiga, saya lebih tertarik dengan alur cerita kedokteran dengan banyak tindakan medis, seperti Obstetrics and Gynecology Doctors, Team Medical Dragon, New Heart, Code Blue, dsb. Karena (menurut saya) lebih seru dan konfliknya lebih kompleks. dari ketiga alasan itu, mungkin, ndak ada salahnya jika saya memesan serial ini. Oke. Done.

Ndak sampe seminggu, pesanan saya datang. Dan setelah saya nonton semua episode, SAYA SUKA BONG DAL HEE!!! 

Sedikit spoiler. Bong Dal Hee adalah dokter umum yang bercita-cita menjadi dokter bedah thoraks (chest/dada), namun ibunya melarang karena Bong Dal Hee memiliki kelainan di jantungnya. Bong Dal Hee bukanlah dokter yang cemerlang, malah cenderung ‘bodoh’ dan sering mencelakakan pasiennya (duh!). Namun karena tekad yang kuat untuk menjadi spesialis bedah thoraks, Bong nekat pergi ke Seoul dan menjadi residen di salah satu universitas (tentunya setelah berbohong pada ibunya). 

Dalam perjalanannya menjalani residensi bedah, tentu banyak masalah. Terutama saat Bong secara tidak langsung bersalah karena menyebabkan satu pasien dengan serangan jantung meninggal. Dari situlah ia belajar. Dan semangat dr. Bong ini boleh dibilang jempolan. Dokter Bong yang sama sekali tidak mampu mendiagnosis tamponade jantung menjadi brilian dalam memasang Central Venous Catheter

Tentunya ada kisah percintaan. Menurut saya, cukup manis tanpa mempengaruhi pesan dan alur cerita. Ada dua dokter bedah dalam serial ini, yaitu Lee Geon Wook yang seorang dokter bedah umum, dan Ahn Joong Geun yang seorang dokter bedah thoraks. Dokter Lee adalah dokter yang manis dan dicintai Bong. Sedangkan dokter Ahn adalah dokter yang culas dan membenci Bong karena kebodohannya. Sepertinya sudah bisa ditebak arah percintaannya. 

Tapi saya cukup terkesan bagaimana penulis serial ini memaparkan kisah-kisah dibalik sikap setiap tokoh. Termasuk cerita-cerita pendek tentang rekan-rekan seperjuangan Bong, yaitu Jo A-ra, Park Jae Bum, dan Jang Ji Hyuk. Cukup simpel dan tidak bertele-tele.

Oke. Sekian review singkat tentang serial Surgeon Bong Dal Hee. Semoga bisa mempengaruhi orang lain untuk ikut menonton *nyengir*

Kemarin saya membeli serial Korea berjudul SIGN, tentang dokter-dokter forensik. Sepertinya bagus, pemerannya belum pernah kenal sih. Tapi ratingnya cukup menjanjikan. Semoga DVD player saya ndak ngadat. Ciao.

-sekian-

  1. No trackbacks yet.

Saya sangat menerima kritik, saran dan kasih sayang

