Angel Becomes Demon

Pernah baca Detective School Q? Komik karya Seimaru Amagi dan Fumiya Sato, karya mereka selain Detektif Kindaichi, yang menurut saya LEBIH BAGUS BANGET! [Di sini kelebayan dimulai]

Detective School adalah sekolah detektif milik Detective Morihiko Dan, yang sudah terkenal keterlibatannya mengungkap kasus-kasus kejahatan. Pak Dan punya musuh, Meiosei, organisasi yang sangat jenius dalam merangkai kejahatan. Pendiri Meiosei adalah teman sekolah Pak Dan, King Hades.

Pak Dan mendirikan sekolah detektif untuk mencari penerus. Dia membuat satu kelas khusus, Q-Class. Terdiri dari lima orang, Kyu, Ryu Amakusa, Megumi Minami, Kazuma Narusawa dan Kintaro Toyama. Meg memiliki kelebihan ingatan fotografis, yaitu bisa mengingat apapun hanya dengan sekali lihat. Kazuma Narusawa adalah siswa SD berkacamata pemecah kode yang handal. Kintaro Toyama, siswa SMU, putra Komisaris ternama di Jepang, selalu mengandalkan insting liarnya.

Namun yang menjadi fokus dalam komik ini adalah Kyu dan Ryu Amakusa. Kyu slengekan tapi keren analisisnya, pantang menyerah dan selalu optimis. Tidak diketahui asal-usul keluarganya. Bahkan nama marganya pun ndak disebutkan (sampai kira-kira empat komik terakhir). Sedangkan Ryu Amakusa adalah keturunan orang jenius, tapi dingin dan anti-sosial.

Setelah beberapa kasus dihadapi oleh murid Q-class ini, Ryu Amakusa akhirnya dapat membaur dengan rekan-rekannya yang lain. Lalu bla bla bla… Rupa-rupanya Kyu adalah anak dari sahabat Pak Dan, Satoru Renjo, dan Ryu Amakusa adalah cucu dari pendiri Meiosei, King Hades. Meiosei sengaja mengirim Ryu untuk sekolah di sekolah detektif agar Ryu bisa belajar, bagaimana kejahatan dari sisi detektif. Mengetahui hal ini, Pak Dan berpesan pada Kyu, “Jangan pernah kehilangan kepercayaan pada Ryu.” Karena rupa-rupanya, King Hades adalah sahabat Pak Dan di masa sekolah.

Ryu bimbang, dia adalah penerus Meiosei. Darah lebih kental dari air. Dia ‘berkhianat’. Sama seperti Severus Snape yang ‘berkhianat’ dan bergabung dengan Death Eater, Ryu ‘berkhianat’ dari Pak Dan dan memilih menjadi penerus Meiosei. Namun sampai akhir, Kyu adalah satu-satunya teman yang paling percaya bahwa Ryu masih tetap sahabatnya.

Kemudian tiba saat Meiosei berhadapan dengan Detective Class. Ada satu quote yg saya suka. Ryu berkata, “Kakek sengaja mengirimku ke sekolah, mendapat sahabat dan pengalaman, menarikku kembali ke Meiosei, dan membuatku merasa ditinggalkan oleh sahabat-sahabatku. Pada saat itulah aku sadar, bahwa malaikat bisa berubah menjadi iblis, saat ia kehilangan harapan.

Banyak novel, komik, film, yang tidak berhenti menggunakan ‘harapan dan mimpi’ sebagai kekuatan. Bahkan Arai di Sang Pemimpi pun bilang, “Kalau tidak punya mimpi, orang-orang seperti kita akan mati.” Dari harapan dan mimpi, seseorang punya tujuan. Dari harapan dan mimpi, seseorang ada.

Jangan pernah kehilangan harapan dan mimpi. ‘Merasa’ pun jangan! Karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi muitu. [Arai – Sang Pemimpi]

[Original Motion Soundtrack: Jangan Menyerah – D’Masiv]

    • k
    • February 7th, 2013

    suka banget dengan nih komik ^o^, agak ringan dibandingkan dengan detektif kindaichi ^-^

    • Iyap! Alurnya jelas dan ada titik akhirnya. Ndak kaya Conan atau Kindaichi yg ndak selese2 x))
      Tengkyu udah mampir ^^

  1. No trackbacks yet.

Saya sangat menerima kritik, saran dan kasih sayang

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: